字體:小 中 大 | |
|
|
2013/03/04 01:10:40瀏覽725|回應0|推薦1 | |
燒紙金是迷信還是正信 ?
開示/蓮生活佛 盧勝彥 (恭錄自「真佛密語」第十冊)
¤ Bakar Kertas Dharani : Keyakinan takhayul atau Keyakinan benar? ¤
現在台灣有很多寺或廟不燒紙金,還有一些道家的廟也不燒紙金,也
有很多法師在說法時講燒紙金是迷信,勸所有佛
弟子不要燒紙金,人死後也要燒紙做的房子,紙做的電視,紙做的冰
Dewasa ini di Taiwan banyak vihara dan kuil tidak lagi membakar kertas dharani, ada juga di kuil Tao yang tidak lagi membakar kertas dharani, dan banyak rohaniwan Fashi ketika memberikan ceramah dharma mengatakan bakar kertas dharani adalah keyakinan takhayul, menganjurkan para siswa Buddhis agar tidak membakar kertas dharani, setelah kematian dibakari rumah, televisi yang dibuat dari kertas, lemari es yang dibuat dari kertas, kesemuanya ini tidak perlu lagi dibakarkan. Ada beberapa rohaniwan Fashi yang berkata membakar benda-benda ini adalah keyakinan takhayul.
在 我本人看來這些法師和寺廟其實都是錯誤的,我是這樣講,在不影響
Dalam pendapat pribadi Ku rohaniwan Fashi dan kuil tersebut telah keliru, opini Saya begini, dalam kondisi tidak membahayakan keselamatan dan mengotori lingkungan, boleh membakar kertas dharani, juga boleh membakar benda dari kertas seperti rumah, lemari es, televisi, mengapa Saya berkata demikian? Karena dalam Sutra Buddha menerangkan「berpuluh ribu Dharma berdasarkan hati, berpuluh ribu Dharma berdasarkan pikiran」, sebenarnya puluhan ribu Dharma dimunculkan dari「pikiran」dan「niat hati」, segala sesuatu daripadanya ini kita menitikberatkan pada faktor「niat hati」tersebut, untuk itu orang yang mempelajari Buddhisme hendaknya mengerti akan「pikiran」, mengerti akan「niat hati」, barulah dapat memahami alasan mendasar di balik semua ini, membakar kertas dharani ditujukan untuk leluhur anda, menggambarkan sebuah rasa bakti dari anda sendiri, adalah sebuah persembahan , anda telah menaruh「hati」bakti sebagai manusia yang masih berada di dunia ke dalamnya, inilah yang dimaksud adanya niat hati, adanya niat hati ini pasti akan berkhasiat, akan memunculkan daya kekuatan.
燒紙錢不是燒著玩的,是表達陽世子孫的孝心。既然有心,佛法裡講
Bakar kertas dharani ini bukan dengan tujuan main-main, adalah bentuk hati bakti dari keturunan yang masih hidup di dunia. Karena berasal dari adanya niat hati, dalam Buddha Dharma menerangkan telah muncul sebuah permulaan jalinan「pratitya-samutpada」’ 緣 起’,makna permulaan jalinan disini adalah berdasarkan jalinan sebab musabab (hetu-pratitya ‘因緣’) hingga membuahkan sebuah kegiatan membakar kertas dharani, karena adanya permulaan jalinan ini, maka hal ini tidak bertentangan dengan Dharma, tidak melanggar Dharma, tidak seharusnya dikatakan sebagai keyakinan takhayul. Jika dikatakan takhayul maka segala sesuatu akan menjadi takhayul, bakar kertas dharani ini takhayul , Saya ingin bertanya kepada anda, di alam semesta apakah yang asli, semua pratima kayu yang dipuja dalam agama Buddha, pratima perunggu, pratima tanah liat, pratima porselin Buddha, yang mana dari bentuk rupa ini adalah Sosok asli? Sebenarnya semuanya ini adalah palsu, lantas mengapa anda menyembahyanginya? Dikarenakan anda miliki hati maka anda baru pergi menyembahyangi, ketika anda menggunakan「niat hati」itulah「permulaan jalinan」,「segala Dharma berdasarkan pikiran, segala Dharma berdasarkan hati 」, cara sembahyang anda ini akan berkhasiat, andaikan anda sembahyang dengan niat main-main tidak akan berguna, dalil mengenai pandangan「takhayul」dan「keyakin
所以那些法師上台講燒紙金是迷信,他就不明白這個道理,很簡單的
Jadi rohaniwan Fashi yang naik ke mimbar dan mengatakan bakar kertas dharani adalah keyakinan takhayul, karena ia tidak memahami prinsip ini, secara sederhana dikatakan, ada hati maka akan berkhasiat, tanpa menaruh hati takkan ada manfaat, Buddha Dharma menerangkan tentang munculnya permulaan jalinan (pratitya-samutpada), jadi ketika anda menggunakan hati membakar kertas dharani, maka kertas dharani tersebut akan menjelma menjadi berkhasiat dengan daya magis, ini adalah sebuah prinsip yang sederhana, namun banyak rohaniwan Fashi dan vihara kuil tidak memahaminya, menganggap bakar kertas dharani adalah keyakinan takhayul.
在 這世界上不管怎樣你要用智慧去分辨,什麼是有「心」,只要心力放
Walau bagaimanapun hidup di dunia ini anda perlu menggunakan kebijaksanaan untuk menilai, apa yang dimaksudkan memiliki「hati」, asalkan menaruh kadar hati ke dalamnya,「berpuluh ribu Dharma berdasarkan hati, berpuluh ribu Dharma berdasarkan pikiran」, memberikan pujana untuk Buddha Bodhisattva juga sama, ketika anda melakukan pujana, barang apa yang boleh dipersembahkan, barang apa yang tidak boleh, barang apa yang disukai Buddha Bodhisattva, barang apa yang tidak disukai, barang apa persembahan yang bersih, barang apa persembahan yang terkotori, semua ini berasal dari hati anda untuk dipersembahkan, segala bentuk rupa di dunia semuanya bersumber dari hati, visualisasi dan pujana dalam Tantrayana juga dilaksanakan berdasarkan「hati」dan「pikiran」.
要知陰間本來也是由陽間「心 識」去造成的,而紙金也是由陽間「心識」去造成的,你知道陽間所
Hendaknya diketahui dunia astral sesungguhnya tercipta dari「hati dan pikiran」dunia berwujud, sedangkan kertas dharani juga tercipta dari「hati dan pikiran」dunia berwujud, anda ketahui uang yang dipakai di dunia berwujud ini juga dibuat dari kertas, juga karena mendapat pengakuan serentak menjadi berguna, benda seperti kertas dharani ini juga karena adanya pengakuan serentak dari anda semua maka menjadi berkhasiat, jadi「keyakinan benar」dan「keyakinan takhayul」, perbedaannya sangat minim, kesemuanya didasari hati, asalkan anda mencoba memahami maka lambat laun akan mengerti apa yang disebut keyakinan benar, apa itu keyakinan takhayul.
要 說是假,事實上萬物無一是真,全部是假的,但是你用上心力,就全
嗡。嘛呢唄咪。吽。
Jika ingin mengatakan kepalsuan, sebenarnya segala sesuatu tiada satupun yang asli, semuanya adalah palsu, namun karena anda menggunakan kekuatan hati, maka semuanya menjadi otentik, anda perhatikan orang barat mempersembahkan bunga di atas nisan, kita masyarakat oriental di perayaan Cheng-Beng mempersembahkan makanan, di depan Buddha Bodhisattva mempersembahkan aneka ragam barang, bagi yang telah meninggal dibuatkan rumah kertas, televisi kertas, lemari es dan kertas dharani, kesemua ini adalah ‘hati’ semata, untuk itu hal ini seharusnya didefinisikan sebagai keyakinan yang sahih, dan bukan keyakinan takhayul, anda semua hendaknya mengetahui apa itu keyakinan benar, apa itu keyakinan takhayul, ada sebagian orang beranggapan membakar kertas dharani adalah bentuk kepalsuan, rohaniwan Fashi juga beranggapan tidak boleh dibakar, dalam vihara ataupun kuil pun tidak boleh dibakar, hal ini disebabkan mereka tidak mengerti akan daya guna「hati」.
Om. Mani Pemi. Hum
Source : Dharmadesana oleh Buddha Hidup Lian Sheng Lu Sheng-Yen
Kutipan dari : ‘Zhen Fo Mi Yu’ (Tuturan Esoteris Satya Buddha) jilid ke -10
|
|
( 休閒生活|時尚流行 ) |